Sejarah kurma dapat ditelusuri hingga zaman Nabi Muhammad SAW, dimana kurma sering dijadikan sebagai makanan utama di kawasan timur tengah. Keberadaan kurma juga disebutkan dalam Al-Quran sebagai salah satu buah yang disukai oleh Allah SWT.

Menurut buku “The Cambridge World History of Food” karya Kenneth F. Kiple dan Kriemhild Conee Ornelas, kurma telah dikenal dan diolah oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Kurma pertama kali ditemukan di wilayah timur tengah, yaitu di daerah Mesir, Mesopotamia, dan Arab.

Selain sebagai makanan pokok, kurma juga digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat minuman seperti arak kurma. Pada zaman dahulu, kurma juga dianggap sebagai simbol kemakmuran dan keberuntungan.

Selain itu, kurma juga digunakan sebagai mata uang pada zaman dahulu. Menurut buku “Food in World History” karya T. Sarah Peterson, kurma digunakan sebagai mata uang di wilayah Mesir kuno pada abad ke-15 SM.

Dengan demikian, sejarah kurma sangat erat kaitannya dengan sejarah peradaban manusia di timur tengah, dan telah menjadi bagian penting dari budaya dan kehidupan masyarakat di wilayah tersebut.

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *