Khasiat Kurma Safawi Bagi Kesehatan

Khasiat kurma safawi bagi kesehatan – Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa buah kurma ini adalah salah satu jenis buah yang pohonnya tumbuh di tempat yang panas dan juga gersang, yakni di gurunn pasir, atau yang lebih tepatnya adalah di sekita oasis. Tanaman yang memiliki nama latin yakni Phoenix Dactylifera ini mulai berbuah pada saat usia sekitar 3 hingga 5 tahun, dan pada usia tersebut pohon kurma bisa menghasilkan sekitar 8 – 10 kg per tanamannya, sementara itu pohon kurma yang sudah berusia 12 tahun bisa menghasilkan sekitar 60 hingga 80 kg per pohon. Buah kurma terdiri atas dua jenis, yakni tamr atau kurma kering dengan warna hitam, seperti yang banyak beredar di Indonesia, dan ruthab, yakni buah kurma yang memiliki warna hijau atau pun kecoklatan.

Dan salah satu jenis buah kurma yang paling digemari adalah buah kurma safawi. Kurma safawi ini asalnya dari Madinah, yang merupakan antara buah kurma yang paling baik di dunia selain kurma ajwa. Kurma safawi sifatnya kering dibagian luar akan tetapi lembab dibagian dalam dan memiliki rasa yang sangat enak serta manis. Khasiat buah kurma safawi tersebut sudah diketahui umum sejak 1.400 tahun lalu.

Lantas, Apa Khasiat Kurma Safawi Bagi Kesehatan?

Menurut kajian yang dijalankan Prof Madya Asiah Zain Pensyarah Sains Makanan, bahwa dari segi perubatan amalan memakan kurma di setiap harinya bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan kencing manis sebab kurma mengandung zat galian, seperti halnya potassium, zat besi, dan kalsium yang bisa menstabilkan sle darah merah. Buah kurma juga jadi makanan sunnah yang sepatutnya ada di setiap rumah kaum muslimin. Berikut ini adalah beberapa khasiat dari buah kurma safawi bagi kesehatan yang kaya akan vitamin dan juga memiliki rasa yang manis, kenyal, serta guri.

Sebagai tambahannya, bidang kedokteran pun telah menyatakan bahwasannya konsumsi buah kurma safawi pada saat berbuka puasa sangat dianjurkan sebab ia mengandung gula dan juga air, yakni nutrisi yang pertama kalinya diperlukan oleh tubuh orang yang sedang berpuasa. Hal tersebut disebabkan berkurangnya zat gula di dalam tubuh yang bisa sebabkan penyempitan dada serta gangguan pada tulang. Berkurangnya air bisa menjadikan tubuh semakin lemah dan berkurangnya daya tahan tubuh. Lain halnya dengan orang berpuasa yang langsung mengkonsumsi makanan serta minuman saat berbuka, penyerapan zat gula oleh tubuhnya biasanya tidak optimal, sehingga ia akan tetap merasa lemah atau alami gangguan jasmani lain akibat kekurangan zat gula dan air.

Demikian infromasi yang bisa kami bagikan tentang khasiat kurma safawi bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

https://www.grosirkurma.id/2017/06/07/khasiat-kurma-safawi-bagi-kesehatan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *